Mutmainnah, Mutmainnah (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android pada materi aritmatika sosial diskon dan pajak. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203884202025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan menentukan hasil pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis Android pada materi aritmatika sosial terkait diskon dan pajak. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari empat validator (dua validator media dan dua validator materi), seorang guru, dan 20 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Parepare. Media pembelajaran yang digunakan adalah aplikasi Android untuk pelajaran matematika pada materi aritmatika sosial terkait diskon dan pajak. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan teknik analisis kuantitatif (persentase) dan kualitatif (komentar, kritik, dan saran) serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan media pembelajaran berada dalam kategori “sangat valid” dengan persentase 90%, tingkat praktikalitas media memperoleh persentase 87,4% dengan kategori “sangat praktis” dan tingkat efektivitas media memperoleh persentase 73% dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi android untuk materi aritmatika sosial subbab diskon dan pajak terbukti memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar validitas, kepraktisan, dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Research and Development, ADDIE Model, Aplikasi Android
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:44
Last Modified: 20 Aug 2024 03:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item