Putri, Nurhidaya (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Congklak Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1600.020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Internalisasi nilai-nilai karakter pada dasarnya adalah proses penanaman nilai�nilai karakter ke dalam diri seseornag sehingga nilai-nilai tersebut menjadi bagian dalam dirinya, menjiwai pola pikir, pola sikap, dan perilakunya serta membangun kesadaran diri untuk mengaplikasikan nilai-nilai tersebut. Penanaman nilai-nilai karakter pada anak dapat dilakukan melalui bermain, dengan menggunakan permainan congklak, sehingga, anak dapat mengeksplorasi lingkungan dan dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitas anak. Melalui permainan congklak anak dapat meningkatkan rasa percaya diri, jujur dan bertanggung jawab. Dan bermain sambil belajar membuat peserta didik tidak cepat merasa bosan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 47 Parepare sebanyak 36 orang. Berdasarkan hasil penelitian perubahan internalisasi nilai-nilai karakter dalam permainan congklak pada saat penerapan treatment mulai pertemuan awal dengan rata-rata nilai sebesar 47,67 dan pertemuan kedua 66,18, dengan presentase rata-rata pertemuan pertama hingga pertemuan keempat yaitu 69,29 masuk dalam kategori baik. Adapun rata-rata internalisasi nilai-nilai karakter sebelum diberi treatment adalah 9,31dengan katergori cukup, sedangkan rata-rata setelah diberi treatment yaitu 13,93 dengan kategori baik. Hal ini berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata internalisasi nilai-nilai karakter setelah treatment dibandingkan sebelum menggunakan permainan congklak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi nilai-nilai karakter, Permainan congklak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:38 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:38 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6846 |
Actions (login required)
View Item |