Rahman, Abdul (2019) Kreativitas Guru untuk Membentuk Karakter Istiqamah Peserta didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Mojong. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kreativitas guru merupakan cara guru menemukan ide-ide atau inovasi yang baru dalam kegiatan pendidikan. Membentuk karakter istiqamah adalah kemampuan guru untuk membentuk sikap bersungguh-sungguh dan konsisten peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Pendidikan agama Islam merupakan suatu pengetahuan yang ada dalam ruang lingkup pendidikan yang bertujuan mengarahkan peserta didik agar senantiasa berpedoman pada ajaran Islam. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SD Negeri 2 Mojong kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang dengan melibatkan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, guru wali kelas dan peserta didik sebagai informan dalam penelitian ini. Jenis desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi, diantaranya: reduksi data (merangkum), Data display (penyajian data) dan Conclusion Drawing/verification (menarik kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru untuk membentuk karakter istiqamah peserta didik yaitu menggunakan beberapa cara yakni menggunakan media, metode dan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan oleh guru yaitu powerpoint dan poster. Metode yang digunakan guru adalah metode drill dan metode kisah dan bahan ajar sebagai pegangan guru pada saat proses pembelajaran. Upaya guru untuk membentuk karakter istiqamah peserta didik yaitu menggunakan beberapa pendekatan yakni pendekatan pembiasaan dan pendekatan suri tauladan. Faktor pendukung guru untuk membentuk karakter istiqamah peserta didik yaitu adanya kurikulum 2013 sebagai indikator pencapaian dalam proses pembelajaran khususnya dalam pelajaran pendidikan agama Islam dan faktor pendukung yang lainnya adalah KKG (kelompok kerja guru) yang bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan dalam berbagai hal khususnya penguasaan bahan ajar, metode dan media pembelajaran. Adapun faktor penghambat untuk membentuk karakter istiqamah peserta didik yaitu jumlah kelas yang kurang memadai sehingga dalam satu kelas terdapat 30 lebih peserta didik, dan faktor yang lain yaitu kurangnya jumlah tatap muka yang hanya 4 jam dalam setiap minggunya sehingga pembelajaran belum terlalu maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Sep 2019 19:29
Last Modified: 02 Sep 2019 19:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item