Selviana, Selviana (2024) Membumikan Pendekatan ELPSA Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1600.001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Sangat sulit untuk menghindari masalah atau kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Proses untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa harus didukung dengan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa yaitu dengan pendekatan pembelajaran ELPSA yang memuat lima komponen, yaitu experiences, language, pictures, symbols, dan application. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan pre�eksperimental desain, dengan bentuk desain one-group pretest-posttest design yaitu desain dimana rancangan penelitian eksperimen dengan memberi tes awal (pretest) sebelum peneliti memberikan perlakuan. Setelah diberikan perlakuan maka tahap akhir yaitu diberi tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan pembelajaran diperoleh berada pada kategori (sangat baik). Hasil belajar siswa dari sebelum diberikan treatment memiliki rata-rata 52,65. respon siswa pada pembelajaran sebelum diberikan treatment jumlah siswa yang responnya rendah pada pembelajaran ada 1, yang memiliki respon sedang pada pembelajaran ada 9, serta siswa yang memiliki respon tinggi terhadap pembelajaran ada 7. Kemudian hasil belajar siswa setelah diberikan treatment memiliki rata-rata 84,59. Siswa yang masuk pada kategori kurang 0, yang masuk pada kategori cukup 4, yang masuk pada kategori baik 8, serta 5 yang masuk pada kategori sangat baik. Setelah diberikan treatment respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika sudah meningkat, tingkat kepercayaan diri, minat serta kepuasan dalam pembelajaran sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan ELPSA, hasil belajar, respon siswa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:31 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:31 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6839 |
Actions (login required)
View Item |