Mildayanti, Mildayanti (2023) Pelevelan Kreativitas Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kelas VIII MTs GUPPI Kaluppang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1600.002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan level kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika kelas VIII MTs GUPPI Kaluppang. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan pemberian tes essay dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi kata, penyajian data serta verifikasi data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika ada dua pemahaman yaitu, pemahaman instrumental dan pemahaman rasional. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika ada dua pemahaman yaitu pemahaman instrumental adalah kemampuan menggunakan prosedur atau aturan matematis tanpa mengetahui alasan mengapa prosedur atau aturan itu digunakan dan pemahaman rasional adalah kemampuan peserta didik menggunakan prosedur atau aturan matematis yang dapat menghubungkan konsep matematis dengan permasalahan yang dihadapi serta mampu menjelaskan alasan penggunaannya. Level kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika terpengaruh dari pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika pada soal aritmetika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelevelan, Kreativitas, Menyelesaikan Masalah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:30 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6838 |
Actions (login required)
View Item |