Lutfi, Andi Muhammad (2024) Analisis Dampak Teknologi Artificial Intellegence Terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1600.066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Adanya ilmu pengetahuan seperti kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam pembelajaran matematika. Namun penggunaan AI dalam pembelajaran matematika perlu dikaji lebih dalam guna mengetahui manfaatnya bagi kualitas pembelajaran serta segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research (kepustakaan). Teknik pengumpulan data dilakukan mulai dari membaca beberapa literatur terkait Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran matematika. Kemudian memilah-milah sehingga diperoleh kesimpulan sebagai jawaban dari pertanyan yang tertera pada rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif dan negatif. Pada aspek guru, AI memberikan dampak positif seperti kemudahan untuk menciptakan sumber daya teknologi pengajaran yang penuh inovasi. Pada aspek siswa, AI dapat meningkatkan pengetahuan siswa melalui metode pembelajaran individual yang disukai. Adapun dampak negatif pada aspek guru, adanya AI memungkinkan berkurangnya ketergantungan proses pembelajaran pada guru karena semakin banyak cara pendidikan yang terotomatisasi melalui teknologi. Sementara itu pada aspek siswa, adanya AI dapat menghilangkan kemampuan berpikir matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence (AI), Kualitas Pendidikan, Pembelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:29
Last Modified: 20 Aug 2024 03:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item