Hasmir, Sri Yulanda (2023) Membangun Koneksi Matematis Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnomatematika. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1600.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa melalui Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnomatematika serta mengetahui apakah penerapan CTL Berbasis Etnomatematika efektif membangun koneksi matematis siswa. Penelitian kunatitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan desain one group pretest-posttes. Intrumen penelitian melibatkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Analisis data menggunkan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan koneksi matematis siswa berada pada kategori sedang, ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata sebesar 74,2. Berdasarkan hasil perhitungan tes koneksi matematis diperoleh bahwa 16% siswa berkemampuan koneksi matematis kategori tinggi, 68% siswa kategori sedang, dan 16% kategori rendah. Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan baik, diperkuat oleh respon siswa dalam pembelajaran yang positif. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan kurang dari 0,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Adapaun nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,613 merupakan kategori cukup efektif. Dengan demikian model Contextual Teaching and Learning berbasis etnomatematika efektif membangun kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis, Contextual Teaching and Learning, Etnomatematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:24
Last Modified: 20 Aug 2024 03:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6832

Actions (login required)

View Item View Item