Ridwan, Ridwan (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner Menggunakan Macromedia Flash Berkonteks Budaya Lokal pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas 8 SMP. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1600.038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) |
Abstract
Pembelajaran di kelas pada mata pelajaran matematika pada dasarnya menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar. Penggunaan buku cetak dianggap sudah umum digunakan, sehingga peneliti mencoba untuk mengembangkan suatu media pembelajaran dengan menggunakan software macromedia flash 8. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis model Bruner menggunakan macromedia flash berkonteks budaya lokal pada materi relasi dan fungsi kelas 8 SMP, serta untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan yaitu media pengembangan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengacu pada modifikasi dari Model Pengembangan 4D yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: Pertama, Tahap Define (pendefinisian) yang meliputi Front-End Analysis (analisis ujung depan), Learner Analysis (analisis peserta didik), Task Analysis (analisis tugas), Concept Analysis (analisis konsep), Specifying Instructional Objectives (perumusan tujuan pembelajaran). Kedua, Tahap Design (perancangan) yang meliputi Media Selection (pemilihan media), Format Selection (pemilihan format), Initial Design (rancangan awal). Ketiga, Tahap Development (pengembangan) yang meliputi Expert Appraisal (penilaian ahli), Developmental Testing (uji coba pengembangan). Keempat, Tahap Disseminate (penyebarluasan). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik dan guru, serta tes hasil belajar peserta didik. Adapun hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Valid, hasil validasi bahan ajar yaitu: (a) Validasi ahli materi sebesar 92.0% kategori sangat layak, (b) Validasi ahli media sebesar 90.0% kategori sangat layak. (2) Praktis, hasil angket respon peserta didik uji coba pengembangan sebesar 96.8% kategori sangat baik, hasil angket respon guru uji coba pengembangan sebesar 88.6% sangat baik, hasil angket respon peserta didik tahap disseminate sebesar 93.5% kategori sangat baik, hasil angket respon guru tahap disseminate sebesar 92.9% kategori sangat baik. (3) Efektif, hasil analisis tes hasil belajar peserta didik menggunakan uji ketuntasan klasikal diperoleh sebesar 97.1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Relasi dan Fungsi, Macromedia Flash, Budaya Lokal |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:19 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:19 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6825 |
Actions (login required)
View Item |