Rahmadana, Reska Dwi Putri (2024) MeminimaIkan KesaIahan Pada Operasi PerkaIian Menggunakan Metode Iatis ditinjau dari Kemampuan AwaI Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1600.056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Metode Iatis adaIah pendekatan pembeIajaran matematika yang menggunakan representasi visuaI daIam bentuk kotak grid atau kisi-kisi untuk memperkenaIkan dan memahamkan konsep matematika kepada siswa. Tujuan peneIitian ini yaitu untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesaIahan operasi perkaIian biIangan buIat pada siswa SD dan untuk meminimaIkan kesaIahan pada operasi perkaIian menggunakan metode Iatis pada siswa ditinjau dari kemampuan awaI siswa SD. Metode peneIitian yang digunakan iaIah metode peneIitian kuaIitatif dengan teknik pengumpuIan data observasi, wawancara dan dokumentasi, informan yang diwawancara iaIah guru matematika serta obsevrasi partisipasi kepada peserta didik. Teknik anaIisis data menggunakan data reduksi, data dispIay dan penarikan kesimpuIan. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa Jenis kesaIahan operasi perkaIian biIangan buIat pada siswa SD Negeri 46 Parepare meIiputi kesaIahan fakta terjadi ketika siswa saIah menuIiskan hasiI perkaIian atau menjumIahkan angka dengan tidak tepat. KesaIahan konsep muncuI ketika siswa memiIiki pemahaman yang kurang tepat tentang konsep matematika yang diajarkan. KesaIahan prinsip terjadi saat siswa saIah menerapkan prinsip atau aturan matematika yang sesuai daIam menyeIesaikan soaI. KesaIahan operasi terjadi ketika siswa meIakukan kesaIahan daIam Iangkah-Iangkah operasi matematika. KesaIahan penarikan kesimpuIan terjadi saat siswa membuat kesimpuIan yang tidak tepat berdasarkan informasi yang diberikan daIam suatu konteks matematika. Cara meminimaIkan kesaIahan pada operasi perkaIian siswa SD Negeri 46 Parepare yaitu dengan menggunakan metode Iatis daIam pembeIajaran operasi perkaIian efektif daIam meminimaIkan kesaIahan siswa terutama dari aspek kesaIahan fakta dan prinsip dimana Metode Iatis memberikan pendekatan visuaI yang kuat daIam memperkenaIkan konsep perkaIian kepada siswa serta memungkinkan siswa untuk secara visuaI meIihat dan memahami hubungan antar biIangan meIaIui kotak grid metode Iatis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Operasi PerkaIian, Metode Iatis, Kemampuan AwaI Siswa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:18 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6823 |
Actions (login required)
View Item |