Putri, Rahmatia Eka (2024) Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra Bermuatan Etnomatematika Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Transformasi Geometri. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1600.046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi GeoGebra bermuatan etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi geometri kelas IX di UPTD SMP Negeri 2 Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas dari model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, dimana siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melalui observasi dan tes. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IX.3 UPTD SMP Negeri 2 Parepare yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan aplikasi GeoGebra bermuatan etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi geometri. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan secara klasikal pada setiap siklus. Berdasarkan pada hasil tes pra tindakan persentase siswa yang tuntas sebesar 21,2%, pada siklus I sebesar 51,5% dan pada Siklus II sebesar 87,9%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dengan persentase 60% pada Siklus I dan 80% pada Siklus II, kemudian aktivitas guru pada siklus I memiliki persentase sebesar 77,5% dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 92,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi GeoGebra bermuatan etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi geometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Geogebra, Etnomatematika, Pemahaman Konsep, Transformasi Geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:17
Last Modified: 20 Aug 2024 03:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item