Asia, Nur (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cempa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1600.044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningatan hasil belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam pembelajaran matematika VIII SMP Negeri 1 Cempa. Penelitian ini adalah penelitia quasi eks perimen yang melibatkan dua kelompok belajar yang diberi perlakuan yang berbeda. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Kelas VIII SMP Negeri 1 Cempa pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 5 kelas dan dipilih secara random berdasarkan hasil belajar terendah 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrument tes sebanyak dua kali (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay sebanyak 27 peserta didik. Setelah dilakukan pretest diperoleh nilai rata-rata 57. Nilai maksimum yang diperoleh adalah 77 dan nilai minimum yang diperoleh adalah 37. Adapun nilai standar deviasi adalah 20. Selanjutnya setelah rangkaian proses pembelajaran selesai dilakukan posttest. Data posttest menunjukkan nilai rata-rata 76. Nilai maksimum yang diperoleh adalah 90 dan nilai minimum yang diperoleh adalah 63. Adapun standar deviasi adalah 13,5. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran kelas VIII.1 mengalami penigkatan yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata yang awalnya diperoleh 57 kemudian setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay meningkat menjadi 76. Berdasarkan data analisis deskriptif, diperoleh nilai signifikansi dari data pretest dan posttest yaitu 0,001 yang artinya nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). Artinya ada peningkatan hasil belajar setelah digunakan model pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:16
Last Modified: 20 Aug 2024 03:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6821

Actions (login required)

View Item View Item