Ahmad, Mardianah (2024) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1600.051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasisi Etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Negeri 2 Duampanua serta mengetahui apakah modul tersebut dapat membantu siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian ini adalah research and development menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel. Uji coba produk ini dilakukan pada 28 siswa kelas IX.1 di SMP Negeri 2 Duampanua. Metode pada pengumpulan data meliputi lembar validasi, angket praktikalitas, observasi keterlaksanaan, tes hasil belajar, observasi keaktivan dan angket respon siswa. Hasil ini menunjukan tingkat kevalidan berdasarkan validasi ahli media, ahli materi dan ahli Bahasa berada pada kriteria “sangat valid”. Pada respon praktikalitas siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dikriteriakan “sangat praktis” dan tingkat keterlaksanaan penggunaan media berada pada kategori “sangat baik”. Sedangkan pada tingkat keefektifan media berdasarkan nilai tes hasil belajar siswa dikriteriakan “sedang”, tingkat keaktifan siswa berada pada kategori “sangat baik” dan respon siswa pada dua uji coba kelompok berada pada kategori “sangat positif”. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Negeri 2 Pinrang dinyatakan berkualitas dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan,Model 4D, Modul, Etnomatematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:15 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:15 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6820 |
Actions (login required)
View Item |