Latif, Andi Hadijah (2018) Pengaruh Kedisiplinan Guru PAI Merealisasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Guru sebagai tenaga pendidik memainkan peranan terpenting terlaksananya proses pembelajaran, seorang guru yang profesional harus memilik kemampuan dalam merencanakan proses pembelajaran. Namun, walaupun seorang guru memiliki kemampuan merencanakan yang baik tanpa ditopang kedisiplinan akan berdampak pada pencapaian tujuan yang tentunya akan berpengaruh pada hasil belajar. Atas dasar itu guru harus mampu menerapkan kedisiplinan dalam merealisasikan perencanaan yang telah dirumuskan guna terciptanya pembelajaran terarah sesuai dengan tujuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan guru PAI merealisasikan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar SMP Negeri 1 Mattirobulu. Jenis penelitian ini adalah assosiatif kuantitatif dengan desain survey research dan jumlah sampel sebanyak 73 responden dari 274 populasi kelas VIII. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kedisiplinan guru pendidikan agama Islam merealisasikan rencana pelaksanaan dalam kategori tinggi atau 84%. (2) Hasil belajar diperoleh 80 dari kreterium yang diharapkan (A). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru pendidikan agama Islam merealisasikan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat hasil perhitungan manual thitung = 6.712 > ttabel = 1.993 dan hasil R Square atau r2 diperoleh 0.388, dapat disimpulkan bahwa Kedisiplinan guru PAI merealisasikan rencana pelaksanaan pembelajaran memiliki pengaruh yang rendah terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Mattirobulu sebesar 38.8% dan 61.2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Sep 2019 19:14
Last Modified: 02 Sep 2019 19:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item