Roslina, Roslina (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PAI di SMP Satu Atap Salimbongan Kec. Lembang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886208018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Peserta didik SMP Satu Atap Salimbongan menjalankan pembelajaran PAI melalui kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI, mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI, dan mengetahui hambatan Pembelajaran PAI dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP 1 Atap Salimbongan Kec. Lembang, Kab. Pinrang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik SMP Satu Atap Salimbongan.. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 1 Atap Salimbongan menunjukkan adanya pembelajaran yang lebih kontekstual, relevan, dan berbasis karakter. Memberikan keleluasaan kepada sekolah dan guru untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan harapan peserta didik. Tidak hanya berfokus pada aspek materi pelajaran, tetapi juga menekankan pembentukan karakter dan penguasaan keterampilan yang relevan bagi kehidupan peserta didik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Integrasi teknologi dalam pembelajaran juga menjadi perhatian. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 1 Atap Salimbongan menunjukkan adanya penekanan yang kuat pada pendekatan pembelajaran yang interaktif, praktis, dan berbasis karakter untuk memastikan pemahaman dan penghayatan yang mendalam terhadap ajaran agama Islam. Pendidikan agama membentuk karakter peserta didik yang memiliki iman, taqwa, dan akhlak mulia. Hambatan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP 1 Atap Salimbongan menunjukkan hambatan meliputi keterbatasan sumber daya manusia dan alam, terutama dalam konteks infrastruktur pendidikan dan ketersediaan teknologi, dan kurangnya jumlah dan kualitas tenaga pendidik, kurangnya partisipasi keluarga akibat faktor sosial ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:06 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6808 |
Actions (login required)
View Item |