Dianti, Viona Nor (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203884202029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran bangun ruang menggunakan bahasa pemrograman Python, serta mengevaluasi apakah media tersebut efektif dalam membantu siswa memahami materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba produk dilakukan pada 15 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancarijang. Metode pengumpulan data mencakup lembar validasi, angket respon praktikalitas, tes hasil belajar, observasi aktivitas, angket respon siswa, dan observasi keterlaksanaan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media berdasarkan validasi oleh ahli media berada dalam kriteria “sangat valid”, sedangkan validasi oleh ahli materi berada dalam kriteria “valid”. Respon praktikalitas siswa dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar berada dalam kriteria “sangat praktis”. Tingkat praktikalitas media oleh guru juga dinilai “sangat praktis. Tingkat keefektifan media berdasarkan nilai tes hasil belajar siswa dikategorikan sebagai “sedang”, tingkat aktivitas siswa dinilai “sangat baik”, dan respon siswa pada kedua kelompok uji coba dinilai “sangat positif”. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bangun ruang yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Python dinyatakan berkualitas dan memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Research and Development, ADDIE Model, Python
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:04
Last Modified: 20 Aug 2024 03:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6805

Actions (login required)

View Item View Item