Pajar, Pajar (2024) Pola Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Karossa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1600.010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika saat ini masih menjadi momok bagi sebagian besar siswa siswi di berbagai jenjang pendidikan formal. Oleh karena itu pendidik dituntut untuk berpikir kreatif dalam menjalankan tugasnya sebagai pelajar, agar suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan terkhususnya saat belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada tingkat kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karossa. Penelitian ini untuk mengetahui persentase tingkat kemandirian belajar siswa dalam permasalahan terhadap materi perbandingan senilai dan untuk mendeskrisikan pola berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Terdapat 4 indikator pada fokus penelitian diantaranya Kelancaran, fleksibelitas, orenteritas, dan kerincian. Tingkat kemandirian belajar mempengaruhi proses berpikir kreatif. Jenis penelitian ini berupa pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini tes, angket, dan wawacara, kemudian pad analisis data mengunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek peneilitian diambil dari 1 sampel masing masing kategori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) persentase kemandirian belajar siswa yang paling tinggi dengan kriteria siswa dengan kemandirian belajar siswa lemah, Kemudian kategori kemandiria belajar siswa sedang menenpati urutan ke dua, dan siswa masuk dalam kategori kuat menenpati urutan baris ke tiga. (2) Pola berpikir kreatif siswa dalam penbelajaran matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa dideskripsikan sebagai berikut: siswa kemandirian belajar lemah, sedang dan kuat memiliki kemampuan yang berbeda beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola berpikir kreatif, penbelajaran matematika’ dan kemandirian belajar. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 02:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6804 |
Actions (login required)
View Item |