Erliani, Erliani (2023) Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Matematisasi Materi Program Linear Kelas XI SMAN 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1600040 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kesulitan belajar dapat terjadi dikarenakan siswa memandang matematika sebagai suatu materi yang menakutkan dan sukar,dan salah satunya materi yang sangat sukar dimengerti dan dianalisis adalah proses matematisasi dari soal cerita program linear dikarenakan dalam mempelajarinya memerlukan konsentrasi dan ketelitian tingkat tinggi. Dalam menyelesaikan soal cerita program linear perlu memanfaatkan masalah nyatakedalam aktifitas sehari-hari sehingga siswa mampu mengetahui secara terstruktur. Proses matematisasi adalah suatu proses guna mematematikakan suatu masalah atau memodelkan masalah secara matematis serta membangun konsep matematika dari permasalahan tersebut. Penelitian ini dimasudkan untuk menggambarkan tantangan siswa dalam siklus matematisasi soal cerita materi pemrograman langsung. Subyek ujian yang terdiri dari 4 siswa kelas XI MIPA 4 adalah siswa yang telah mendapatkan materi pembelajaran straight programming. Jenis eksplorasi yang digunakan adalah ekspresif subjektif. Metode eksplorasi yang membantu dalam penelitian tersebut melalui 3 tahapan diantaranya (1) tahap kesiapan. (2) Tahap pelaksanaan (3) Tahap analisis data. Maka, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam tingkat dan proses matematisasi vertikal dalam menangani masalah pemrograman langsung. Kesulitan dalam proses matematisasi horizontal tidak memiliki pilihan untuk membedakan konsep dasar matematika dan tidak membuat model matematika. Kesulitan dalam proses matematisasi vertikal adalah tidak memanfaatkan penggambaran matematis dan tidak melakukan matematika formal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Proses matematisasi, Program linear
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:49
Last Modified: 20 Aug 2024 02:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item View Item