Sarah, Hanifah (2023) Efektivitas Model Cooperative Learning Berbantuan Media Monopoli dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Patampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1600.005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Siswa menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini disebabkan karena model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga penerapan model cooperative learning berbantuan media monopoli dapat membantu keterlaksanaan pembelajaran dan dapat memberikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model cooperative learning berbantuan media monopoli dalam pembelajaran matematika di SMPN 2 Patampanua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes, observasi, angket, serta dokumentasi. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII.4 yang terdiri dari 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 3,75 yang berada pada kategori baik, 2) Hasil belajar matematika siswa setelah perlakuan memiliki skor rata-rata 81,7. Hasil ini menyatakan bahwa 20 siswa mencapai ketuntasan klasikal dengan rata-rata 83,33%, 3) Rata-rata gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah perlakuan mencapai 0,70 dalam kategori sedang. 4) Persentase aktivitas siswa memiliki rata-rata 89,47% berada pada kategori sangat aktif, 5) Pada angket respons siswa diperoleh 84,12% siswa menjawab dengan respons positif. Adapun hasil uji normalitas pretest pada penelitian ini yaitu 0,306 > 0,05 dan posttest yaitu 0,059 > 0,05 yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Dari uji hipotesis menunjukkan bahwa pada kolom sig. (2-tailed), nilai signifikansi yang didapatkan adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dimana rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model cooperative learning berbantuan media monopoli minimal 72 (KKM). Dari hasil uji effect size (d) didapatkan nilai sebesar 2,76 berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model cooperative learning berbantuan media monopoli sangat efektif dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Patampanua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Cooperative Learning, Media Monopoli
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:47
Last Modified: 20 Aug 2024 02:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6795

Actions (login required)

View Item View Item