Wahyuni, Reski (2024) Nilai Moral Elong Ininnawa Sabbarae sebagai Elong-Elong Orang Tua terhadap Anak di Desa Kaliang Kec. Duampanua Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1400.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Elong Ininnawa Sabbarae merupakan salah satu lagu bugis atau elong bugis yang biasa dinyanyikan oleh orang tua kepada anaknya sebagai lagu pengantar tidur khususnya pada masyarakat bugis di Desa Kaliang. Elong ini sarat akan makna dan nilai moral yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai moral dalam elong ininnawa sabbarae dan fungsi elong ininnawa sabbarae terhadap anak di Desa Kaliang Kec. Duampanua Kab. Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh hasil bahwa (1) nilai moral dalam Elong Ininnawa Sabbarae yaitu seseorang yang selalu tabah, sabar, tidak pernah berputus asa, tidak mengeluh, sikap yang tidak angkuh, percaya pada Allah, memiliki sikap yang baik dalam tindakan dan ucapan, serta kesederhanaan hidup yang tetap membuatnya menjadi senantiasa bersyukur kepada Allah. (2) Terdapat tiga fungsi elong ininnawa sabbarae terhadap anak antara lain, sebagai berikut: 1) sebagai hiburan, 2) sebagai lagu pengantar tidur , dan 3) sebagai sennu-sennureng (tafa’ul) orang tua terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Moral, Elong Ininnawa Sabbarae
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:07
Last Modified: 15 Aug 2024 07:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6790

Actions (login required)

View Item View Item