Mas'ud, Muammar (2018) Pengaruh Lingkungan Madrasah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan madrasah terhadap motivasi belajar peserta didik. Lingkungan madrasah adalah lingkungan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana yang ada di madrasah, seperti perpustakaan, ruangan kelas, dll. Serta hubungan antara pendidik dengan peserta didik yang baik. Motivasi belajar adalah adanya suatu dorongan yang kuat untuk melakukan kegiatan belajar yang dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dan desain penelitiannya kuatintatif korelasional. Sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling yakni pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Pengambilan sampel menggunakan metode slovin sehingga jumlah sampel dihasilkan sebanyak 126 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistik desktriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 2.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan madrasah yang terdapat di MTs Negeri Parepare memiliki suasana yang nyaman serta sarana dan prasarana yang mendukung motivasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Parepare. Hal ini dibuktikan dari jawaban angket tentang lingkungan madrasah sebanyak 80.50% yakni berada pada kategori tinggi. (2) motivasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Parepare menunjukkan motivasi yang tinggi. Hal ini dibuktikan dari jawaban angket tentang motivasi belajar peserta didik sebanyak 86.60% yakni berada pada kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan madrasah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Parepare. Hal ini diketahui dari hasil pengujian korelasi dengan nilai signifikan 0.000 ≤ 0.05. Berdasarkan hasil analisis person corelattionnya sebesar 0.631 atau 63.10% yakni berada pada tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 02 Sep 2019 19:07
Last Modified: 02 Sep 2019 19:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item