Akmal, M. Luthfi (2023) Implementasi Strategi Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII.B Di MTs DDI Pattojo Kabupaten Soppeng. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1100.086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran Start Learning With a Question merupakan suatu pembelajaran yang aktif menggunakan pertanyaan. Suatu pembelajaran dapat diterima peserta didik dengan baik jika peserta didik aktif dalam kelas, serta mencari pola pemahamannya sendiri dibanding hanya menerima materi tanpa memahaminya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam Mata Pelajaran Fiqih kelas di VIII.B MTs DDI Pattojo, penerapan Strategi pembelajaran Start Learning With a Question pada Mata Pelajaran Fiqih dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII.B MTs DDI Pattojo, serta peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan Strategi pembelajaran Start Learning With a Question dalam pembelajaran fiqih kelas VIII.B MTs DDI Pattojo. Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus memiliki empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian setelah penerapan strategi learning starts with a question adalah sebelum masuk dalam siklus I, dilaksanakan pra siklus dengan hasil belajar memiliki nilai rata-rata sebesar 73,95 dengan persentase peserta didik yang nilainya tuntas (di atas nilai KKM) sebesar 52,28%. Pada siklus I, hasil penelitian diperoleh bahwa siswa yang memiliki keaktifan dengan baik baru mencapai 4 siswa atau 19,05% dari siswa yang berjumlah 21 di kelas VIII.B. Hal ini menjadi evaluasi yang dapat diperoleh pada siklus berikutnya. Kemudian di siklus II, hasil penelitian mengalami peningkatan dimana siswa yang memiliki keaktifan dengan baik telah mencapai 17 siswa atau 80,05%. Hal ini menandakan bahwa dengan penggunaan strategi learning starts with a question dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Fiqih, Keaktifan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:06 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:06 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6789 |
Actions (login required)
View Item |