Nurfaizah, Nurfaizah (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan Para Sahabat Dalam Berdawah Untuk Kelas IVMI As’Adiyah No.1 Puteri Belawa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti bahwa proses pembelajaran diMI As’Adiyah No.1 Puteri Belawa sekolah tersebut masih terdapat kesulitan saat menyampaikan materi, di kelas IV pada proses pembelajaran di dalam kelas sebagian siswa berjumlah 30 orang belum benar-benar memahami materi ketabahan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat dalam berdakwah yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media video di MI As’Adiyah No.1 Puteri Belawa, (2) mengetahui kelayakan media video di MI As’Adiyah No.1 Puteri Belawa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu, analiysis (anilisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation(implementasi), evaluation (evaluasi). Hasil penelitian yaitu (1) tahap analiysis yaitu menganalisis kebutuhan, analisis karakter sisswa, analisis materi, design pada tahap ini merancang media video, development pada tahap ini membuat media video dan mengedit media video, implementation tahap ini dilakukan validasi ahli media, ahli materi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, evaluation tahap ini untuk merevisi berdsarkan hasil dari ahli media dan ahli materi, (2) pada validasi ahli media mendapatkan skor 96% sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas kelayakan pengembangan media video pembelajaran masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi dengan skor 93% sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas kelayakan pengembangan media video pembelajaran masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Setelah proses validasi selanjutnya dilakukan tahap uji coba produk. Uji coba perorangan diperoleh yaitu 95% berada pada kategori sangat layak. Uji coba kelompok kecil diperoleh yaitu 92% berada pada kategori sangat layak. Uji coba kelompok besar diperoleh yaitu 91% berada pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran SKI, media video pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:03
Last Modified: 15 Aug 2024 03:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6787

Actions (login required)

View Item View Item