Saputra, Harman (2024) Pengembangan Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Model Parepare. Oleh. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengontrol dan memahami perasaan sendiri dan perasaan orang lain sehingga ketika dihadapkan pada kondisi yang meransang munculnya emosi dan dapat tersampaikan dan tersalurkan dengan baik. Pembelajaran PAI adalah pendidikan yang diberikan melalui ajaran agama Islam yang mampu membawa peserta didik agar menyadari akan kebenaran ajaran agamanya dan dapat melahirkan tunas bangsa yang memiliki iman yang teduh, cara berpikir rasional dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan menuju kesejahteraan jasmani dan rohani untuk dapat tercapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengembangan kecerdasan emosional melalui kegiatan pembelajaran PAI peserta didik di SMA Negeri 1 Model Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian kualtatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya (1). Tingkat kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 1 Model Parepare secara keseluruhan dapat dikategorikan baik walaupun masih ada beberapa peserta didik yang kurang dalam aspek kemampuan mengontrol emosi dan kepercayaan diri (2). Pola kegiatan pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Model Parepare terdiri dari kegiatan di dalam mata pelajaran dan di luar mata pelajaran (3). Pengembangan kecerdasan emosional melalui kegiatan pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Model Parepare membawa pengaruh yang cukup baik dalam aspek peningkatan kecerdasan emosional peserta didik, sebagian besar peserta didik merasakan ada peningkatan dalam hal kemampuan mengontrol dan mengekspresikan emosi, memotivasi diri, empati maupun kemampuan membina hubungan dan kerjasama dengan orang lain setelah mereka mengikuti kegiatan pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kegiatan Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:24
Last Modified: 15 Aug 2024 02:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6782

Actions (login required)

View Item View Item