Islinda, Nur (2024) Penerapan Film sebagai Media Pembelajaran untuk Menanamkan Nilai-nilai Akidah Akhlak di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui penerapan film sebagai media pembelajaran di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang. (2) untuk menanamakan nilai-nilai akidah akhlak pada peserta didik di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini meliputi guru akidah akhlak dan peserta didik MTs Tarbiyah Al-Azhar kelas VIII.1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dekomentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian (1) Penerapan film sebagai media pembelajaran di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang memiliki tahap-tahap seperti, perencanaan, menyampaikan materi, memberikan pesan dan sumber film. (2) Menanamkan nilai akidah akhlak pada peserta didik MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang, peserta didik menanamkan nilai akidah akhlak dengan program kegiatan di madrasah seperti shalat duha, yasinan, shalat zuhur dan juga pembiasaan yang ditanamkan guru pada peserta didik, seperti nilai kesabaran, keikhlasan, kejujuran, menuntut ilmu, tawakkal, bersyukur, kedisiplinan dan ikhtiar. Dapat peserta didik tanamkan dikehidupan sehari-hari, baik di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Film Pembelajaran, Nilai Akidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:22
Last Modified: 15 Aug 2024 02:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6780

Actions (login required)

View Item View Item