Rusdi, Muh. Fahad (2024) Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1100.066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Objek pada penelitian ini adalah guru yang mengajar bidang keagaaman di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi parsitipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Objek pada penelitian ini adalah guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan telah diperoleh (1) Strategi guru dalam pengelolaan kelas adalah kebanyakan guru khususnya yang mengajar bidang keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah DDI Pinrang menggunakan strategi ceramah dan bermain dalam proses menagajar dikelas. Untuk mengatasi masalah strategi ceramah ialah untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, jadi jangan sampai siswa diam, guru dituntut mampu menggunakan gaya mengajar. Bermain dapat membuat siswa belajar dengan senang dan terjadinya suatu tindakan aktif dari siswa jadi keadaan kelas tidak terkesan monoton. Begitu juga dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, mampu membuat siswa tertarik dan dengan mudah memahami materi pelajaran yang dasampaikan oleh guru (2) Pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango dilihat dari sebagian besar guru disana ingin membuat peserta didik aktif dikelas mulai dari piket kebersihan kelas, penataan ruang kelas, dekorasi dari tugas yang diberikan oleh dan ditampilkan dikelas yang membuat suasana kelas nyaman dan damai. (3) Kualitas pembelajaran PAI Secara ideal, sekolah islam diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap peserta didik antara lain. (a)Membangkitkan cinta kepada agama. (b). Membangkitkan motivasi untuk mengamalkan agama. (c). Memadukan aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik. (d). Mampu merefleksikan nilai-nilai keimanan dan akhlakulkarimah di kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:14 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:14 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6778 |
Actions (login required)
View Item |