syafira, Sifa aulia (2023) Penggunaan strategi joy full learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs DDI Padanglolo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs DDI Padanglolo dengan menggunakan strategi joy full learning. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan data analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus tersebut menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Observasi, tes, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah peserta didik 17 orang peserta didik yang terdiri 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan strategi joy full learning, dilihat dari nilai persentase dalam setiap tahapan yang dilakukan dimana pada kondisi awal hasil tes pra siklus menunjukkan adanya nilai rata-rata diperoleh 60,31 dengan perolehan persentase peserta didik yang tuntas hanya 18% dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 82%. Kemudian Berdasarkan hasil belajar peserta didik pada siklus I, hasil belajar yang di peroleh meningkat dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik diperoleh 73,12 dengan persentase 59%, Berdasarkan hasil belajar pada siklus II dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 80 dengan persentase 88%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pada setiap tahapan dengan menggunakan strategi joy full learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs DDI Padanglolo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi joy full learning, hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:07
Last Modified: 15 Aug 2024 02:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6772

Actions (login required)

View Item View Item