Putri, Nur Aprianti (2024) Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI UPT SMA Negeri 1 Parepre. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak setelah penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan P5, dampak softskill guru PAI dengan P5, serta Pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini dilakukan di UPT SMA Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif sehingga Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didik di UPT SMA Negeri 1 Parepare. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil (1) dampak kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran PAI sehingga mendapatkan hasil bahwa kurikulum merdeka dengan P5 yang diterapkan di dalam mata pelajaran PAI sangat membantu peserta didik dalam meningkatkan kreativiras peserta didik sehingga proses pembelajaran berjalan lancar. Membantu dalam pelaksanaan pembelajaran melakukan penilaian terapan, minat, dan profil peserta didik untuk melakukan peetanaan, menentukan materi yang sistematis dengan menggunakan pembelajaran yaitu mengoorganisasi peserta didik, membentuk kelompok, mengembangkan materi ajar, mengkaji hasil praproyek, produk, lingkungan dan evaluasi proses pemecahan masalah. Pemecahan masalah. (2) dengan adannya kurikulum merdeka terhadap softskill guru membantu para pendidik untuk lebih memunculkannya. Adapun softskill guru yang telah dikembangkan dalam kurikulum Merdeka adalah kemampuan komunikasi, kerja sama tim, madiri, inovatif, kreatif., mampu merancang pembelajaran yang cukup menarik. Dikarenakan kurikulum Merdeka ini tidak hanya membebaskan peserta didik memilih pembelajaran yang mereka sukai tetapi kurikulum Merdeka juga membebaskan para pendidik untuk melakukan pembelajaran yang lebih menyenangkan dengan dirancang sesuai minat peserta didik. (3) dampak implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap pendidikan karakter peserta didik dengan P5 berdampak baik dari segi keimanan, kerja sama, gotong royong, sampai pada kreatifitas peserta didik sudah terbentuk, sehingga banyak dari peserta didik melahirkan karya-karya serta pemikiran-pemikiran yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi,Kurikulum Merdeka.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:06
Last Modified: 15 Aug 2024 02:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item View Item