Muhadir, Muhammad (2019) Penerapan Metode Mind Map dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Metode Mind Map (peta pikiran) atau biasa disebut juga dengan peta konsep merupakan sebuah cara atau tekhnik pembelajaran dengan menggunakan ide pikiran, gagasan, atau pengetahuan dalam bentuk peta diatas selembar kertas atau slide media sehingga peserta didik lebih cepat, hemat dalam waktu, kreatif, efektif dan lebih memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian kuantitatif experimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-eksperimental design dalam bentuk One-group pretest postest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : metode Mind Map dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik kelas IX SMP Negeri 10 parepare. hasil penelitian ini dapat diketahui berdasarkan data penelitian menggunakan tes berupa Pre-test dan Post-test dalam bentuk tes tertulis dan nilai dari hasilnya dibandingkan, kemudian dianalisis menggunakan rumus standar deviasi dan uji T—test. Hasil pengolaan data yang didapatkan dengan uji standar deviasi dan uji T-hitung = 18.261 ≥ ttabel = 2.04523. pada taraf signifikan 0,025%, maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Jadi metode Mind Map yang diterapkan oleh peneliti ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik membaca al-Qur’an kelas IX di SMP Negeri 10 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Sep 2019 16:58
Last Modified: 02 Sep 2019 16:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item