Herlina, Herlina (2023) Penerapan Konsep Pendidikan Akhlak menurut Imam Al-Ghazali Dalam Mata Pelajaran PAI di UPT SMA Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.012 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan menurut al Ghazali adalah pendidikan akhlak, Pendidikan akhlak yang dimaksud adalah dimana peserta didik mampu untuk membedakan antara akhlak yang baik dan akhlak yang buruk sehingga tujuan dari pendidikan dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 112 peserta didik dengan sampel 53 yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa: 1) Penerapan konsep pendidikan akhlak menurut Imam al-Ghazali tergolong cukup baik dengan angka persentase 77%. 2) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII di UPT SMA Negeri 3 Parepare tergolong baik dengan angka persentase 81,4%. 3) Hubungan signifikansi antara kedua variabel. Berdasarkan Output SPSS diperoleh Nilai sig (2-tailed) yaitu 0.000. Karena nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan Penerapan Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al Ghazali dan Korelasinya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII di UPT SMA Negeri 3 Parepare dan berada di koefisien interval 0.20 – 0.399, termasuk ke dalam tingkat hubungan yang positif namun rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Konsep Pendidikan Menurut Imam al-Ghazali, Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:05
Last Modified: 15 Aug 2024 02:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6769

Actions (login required)

View Item View Item