Hasbi, Rezky Ramdayani (2024) Peranan Guru PAI dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik di SMKN 2 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1100.010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap moderasi beragama peserta didik, faktor penndukung dan penghambat guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik, dan peranan guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru PAI dan peserta didik SMKN 2 Pinrang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: pertama, sikap moderasi beragama peserta didik di SMKN 2 Pinrang masih ada peserta didik yang belum bisa bersikap moderasi maka dari itu guru PAI memberikan upaya dan pemahaman kepada peserta didik bagaimana moderasi beragama itu. Kedua, faktor pendukung dalam membentuk sikap moderasi peserta didik yang pertama adanya dukungan dari kepala sekolah seperti kegiatan keagamaan yang dilaksanakan disekolah dan juga adanya organisasi sekolah yang dimana organisasi tersebut memiliki peserta didik dari berbagai latar belakang agama sehingga peserta didik bisa mengaplikasikan moderasi beragama ketika bersama, sedangkan faktor penghambat dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik yang pertama media sosial yang dimana media sosial yang sekarang sangat mudah diakses dan sulit dikontrol oleh guru dan juga adanya faktor dari lingkungan diluar sekolah yang memberikan dampak buruk bagi peserta didik yang dimana guru tidak bisa mengontrol para peserta didik diluar sekolah. Ketiga,Peranan guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik di SMKN 2 Pinrang, antara lain: Sebagai pembimbing. Sebagai pembimbing, guru PAI membimbing dan mengarahkan peserta didik agar memiliki jiwa sosial yang tinggi dan tidak berlaku radikal atau anarkis. Sebagai informator guru PAI mampu memberikan informasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik dan benar apa lagi tentang ilmu-ilmu agama. Sebagai Learning manager guru PAI memonitoring dan mengontrol semua aktivitas kegiatan keagamaan serta perilaku beragama peserta didik di sekolah. Sebagai inspirator guru PAI memberikan teladan atau contoh bersikap dan menghargai orang yang berbeda keyakinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Peranan Guru PAI, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6768 |
Actions (login required)
View Item |