Ernawati, Ernawati (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 2 Baraka Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1100.004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan cara memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas, seperti pemilihan metode ataupun model pembelajaran. Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat dan lebih bervariasi diharapkan dapat memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran di dalam kelas serta dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dilaksanakan di SMPN 2 Baraka dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.B SMPN 2 Baraka dengan jumlah peserta didik 23 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus masing-masing setiap siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa kemampuan peserta didik menjawab soal yang dibagikan dan observasi. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisisi deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pesta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Hal ini dapat dilihat dari niai rata-rata dalam setiap tahapan yang dilakukan. Pra siklus hasil belajar peserta didik diperoleh 60,65, siklus I diperoleh 71, dan di siklus II diperoleh 83,47. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan mulai dari pra siklus sampai dengan siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Talking Stick. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:03 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:03 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6766 |
Actions (login required)
View Item |