Amri, An’nisa Miranti (2023) Penggunaan Metode Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas IX.6 di MTsN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1100.003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas IX.6 sebelum digunakan metode quantum teaching, hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas IX.6 setelah digunakan metode quantum teaching, dan perbedaan hasil belajar peserta didik kelas IX.6 sebelum dan setelah digunakan metode quantum teaching Penelitian ini dilakukan di MTsN Parepare. Jenis penelitian yag digunakan adalah Pre-Exprimental dengan bentuk design One Group Pre-Test - Post-Test. Sampel penelitian ini adalah kelas IX.6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang tanpa adanya kelas kontrol. Sebelum penggunaan metode pembelajaran pada proses pembelajaran, peserta didik dibagikan soal pre-test kemudian diberikan soal post-test setelah metode pembelajaran digunakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Hasil belajar peserta didik sebelum penggunaan metode quantum teaching belum menunjukkan peningkatan hasil belajar atau tidak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditandai dari hasil belajar pre-test kategori tertinggi terdapat pada kategori “sangat rendah” sebanyak 12 orang peserta didik dengan persentase sebesar 48%, dimana rata-rata nilai Mean Rank pre-test peserta didik sebesar 20,04. (2) Hasil belajar mata peserta didik setelah penggunaan metode quantum teaching telah menunjukkan peningkatan hasil belajar atau dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga dalam hal ini terdapat perbedaan hasil belajar pre-test dan post-test. Hal ini ditandai dari hasil belajar post-test kategori tertinggi terdapat pada kategori “tinggi” sebanyak 9 orang peserta didik dengan persentase sebesar 36% dimana rata-rata nilai Mean Rank post-test peserta didik sebesar 30,96. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis pada Mann-Whitney Test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pre-test dan post-test adalah 0,008 artinya nilai sig. < 0,05 atau nilai sig. lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (nyata) antara nilai sebelum dengan setelah penggunaan metode quantum teaching sehingga terdapat peningkatan hasil belajar di kelas IX.6 MTsN Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Quantum Teaching, Hasil Belajar, Proses Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 01:03 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 01:03 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6764 |
Actions (login required)
View Item |