Pangestu, Arham (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Religius terhadap Pengamalan Ibadah Peserta Didik di SMPN 1 Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1100. 021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Internalisasi adalah suatu proses penanaman sikap ke dalam diri pribadi seseorang melalui binaan, bimbingan dan sebagainya agar ego menguasai secara mendalam suatu nilai serta menghayati, sehingga tercermin dalam sikap dan tingkah laku sesuai dengan standar yang diharapkan. Nilai-nilai religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan ilahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Pengamalan ibadah adalah perbuatan yang dilakukan seorang hamba sebagai usaha menghubungkan dan mendekatkan diri kepada Allah swt dengan taat melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Penelitian ini mengkaji mengenai Internalisasi nilai-nilai religius terhadap pengamalan ibadah peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah Peserta Didik di SMPN 1 Kota Parepare. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dengan dilengkapi teknik analisis data menggunakan redukasi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai religius terhadap pengamalan ibadah peserta didik di SMPN 1 Kota Parepare perspektif PAI yaitu kejujuran, kedisiplinan dan ketaatan. 2) Pengamalan ibadah peserta didik di SMPN 1 Kota Parepare perspektif PAI ialah melaksanakn shalat, membaca Al-Qur’an dan berdzikir. 3) Faktor pendukung internalisasi nilai-nilai religius terhadap pengamalan ibadah peserta didik di SMPN 1 Kota Parepare perspektif PAI ialah adanya motivasi dari guru, lingkungan dan sarana prasarana. 4) Faktor penghambat internalisasi nilai-nilai religius terhadap pengamalan ibadah peserta didik di SMPN 1 Kota Parepare perspektif PAI ialah rasa malas, waktu dan latar belakang keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Nilai-Nilai Religius dan Pengamalan Ibadah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:49 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6763 |
Actions (login required)
View Item |