Rahmat, Muhammad Nur (2024) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMKN 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2211.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan akhlakul karimah peserta didik di SMKN 3 Parepare dengan tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Parepare, untuk mengetahui gambaran akhlakul karimah peserta didik di SMKN 3 Parepare, dan untuk mengetahui strategi dalam menumbuhkan akhlakul karimah peserta didik di SMKN 3 Parepare. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang dipakai oleh peneliti yakni wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik penganalisaan data terkait penelitiaan ini melalui reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi yang diterapkan guru kepada peserta didik yakni penuturan kata yang baik, memberi motivasi kepada peserta didik, peningkatan aspek pembelajaran di kelas dan pengawasan guru; 2) Gambaran akhlakul karimah peserta didik di SMKN 3 Parepare berjalan dengan sesuai karena peserta didik dapat mempertanggung jawabkan pendidikannya; 3) Strategi penumbuhan akhlakul karimah peserta didik di SMKN 3 Parepare memiliki tiga strategi aspek penting yakni keteladanan, anjuran positif, dan pembiasaan. Ketiga aspek inilah yang menjadi landasan untuk mengamati akhlakul karimah yang ingin dicapai seperti ketaatan dalam beribadah, silaturahmi, kedisiplinan dan amanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul karimah peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:47
Last Modified: 15 Aug 2024 00:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6762

Actions (login required)

View Item View Item