Mawah, Ika (2023) Relevansi Pembelajaran SKI dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MA DDI Taqwa Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kecerdasan spiritual bagi peserta didik diartikan sebagai kemampuan untuk menyadari makna dirinya dalam berhubungan dengan Tuhan.Membangun kecerdasan spiritual berarti membangun kesadaran sebagai upaya mengembangkan kemampuan spiritual.Kemampuan mengatasi beban hidup baik dari yang ringan hingga yang berat. Dengan demikian kecerdasan spiritual menciptakan motivasi diri, disiplin dan bertanggung jawab sehingga ada kesesuaian antara apa yang diharapkan oleh guru SKI dengan prilaku peserta didik. Kecerdasan spiritual harus lebih diutamakan daripada kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran SKI di MA DDI Taqwa Parepare, untuk menguraikan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di MA DDI Taqwa Parepare, dan untuk menganalisis relevansi pembelajaran SKI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di MA DDI Taqwa Parepare. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena penelitian ini berusaha mendapatkan dan memahami segala hal yang dialami oleh subjek penelitian secara intensif dan terperinci, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran SKI di MA DDI Taqwa Parepare berlangsung dengan langlah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi diakhir pembelajaran, (2) Pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di MA DDI Taqwa Parepare melalui (a) nilai-nilai Islami, (b), aktivitas-aktivitas Islami dan (c), simbol-simbol Islami, (3) Relevansi pembelajaran SKI dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di MA DDI Taqwa Parepare yaitu; (a) Siswa lebih bisa mengontrol diri ataupun emosi, (b) Saling menghargai, (c) Rasa empati yang begitu tinggi, (d) Dapat memotivasi diri sendiri dan sesame, (e) Kelas lebih aktif, efektif, dan menyenangkan, dan (f) Selain dari pada itu semua perubahan yang paling menonjol dalam bidang sikap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Sejarah, Kebudayaan, Islam, Kecerdasan, Spritual |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:46 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6761 |
Actions (login required)
View Item |