Emiriswana, Emiriswana (2024) Pengaruh Kesadaran Berbusana Muslimah terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kesadaran berbusana muslimah adalah timbulnya sikap mengetahui dan memahami bahwa busana muslimah sebagai busana yang dipakai oleh wanita muslimah yang memenuhi kriteria-kriteria (prinsip-prinsip) sesuai dengan ajaran Islam, serta merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kesadaran dalam berbusana muslimah diperlukan dalam membentuk perilaku keagamaan peserta didik kearah yang lebih baik, dimana pembiasaan berbusana muslimah yang diterapkan oleh sekolah serta motivasi dan dorongan yang diberikan oleh seorang guru kepada peserta didik agar peserta didik memiliki kesadaran dalam berbusana muslimah serta dapat membentuk perilaku keagamaan yang lebih baik lagi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian studi korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 76 orang dari 272 populasi dari jumlah peserta didik di MAN Pinrang secara keseluruhan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesadaran berbusana muslimah berada pada kategori tinggi 80%, yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 74 responden. (2) perlaku keagamaan berada pada kategori kuat 72% , (3) berdasarkan pada uji linier regresi sederhana menunjukkan bahwa Y = 26.857 + 0,408 X menunjukkan angka koefisien regresi, nilai sebesar 0,408 angka ini mengandung arti bahwa nilai koefisien regresi bernilai positif (+), Hasil uji untuk variabel kesadaran berbusana muslimah (X) menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0.000 <α = 0.05 maka H0 ditolak artinya kesadaran bebusana muslimah nilai kriterianya yaitu 57,83. Sedangkan hasil uji untuk variabel perilaku keagamaan (Y) menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0.000 <α= 0.05 maka H0 ditolak artinya perilaku keagamaan nilai kriterianya yaitu 49,49. Berdasarkan hasil akhir perhitungan di atas di dapatkan rhitung = 0, 684 > rtabel = 0,226 pada taraf signifikan 5% sehingga dikatakan bahwa H0 ditolak, dan H1 diterima. Nilai pearson korelasi 0,684 atau 68,4%. Dengan demikian, terdapat pengaruh kesadaran berbusana muslimah terhadap perilaku keagamaan peserta didik ada pada tingkat 0,60-0,684 sehingga bisa diketahui pengaruhnya termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Berbusana, Muslimah, Keagamaan Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:45
Last Modified: 15 Aug 2024 00:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6760

Actions (login required)

View Item View Item