Rasnah, Rasnah (2022) Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spritual peserta didik di MAN Pinrang. Kecerdasan spritual membantu seseorang untuk menemukan makna hidup dan kebahagiannya. Oleh karena itu, kecerdasan spritual dianggap sebagai kecerdasan yang paling penting dalam kehidupan. Menemukan makna hidup dan kebahagiaan merupakan tujuan utama setiap individu. Kecerdasan seseorang dapat ditunjukkan melalui tingkahlaku sehari-harinya. Dengan memiliki kecerdasan spritual, peserta didik dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk karena kecerdasan ini mengarahkan seseorang pada perilaku yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru akidah akhlak dan peserta didik MAN Pinrang dan sumber data sekunder yaitu dari buku, jurnal, dan lain-lain. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat kecerdasan spritual peserta didik di MAN Pinrang cukup tinggi dilihat dari hasil observasi dan wawancara serta dari cara mereka bersosialisasi atau beradaptasi dengan teman-temannya maupun dengan gurunya. Begitupun dengan respon peserta didik terhadap persoalan yang terjadi di sekitarnya juga sangat baik. Namun, ketika dilihat dari sisi kemampuan peserta didik mengenali dirinya dan memiliki visi misi hidup untuk masa yang akan datang maka dapat dikatakan masih rendah. (2) Guru akidah akhlak di MAN Pinrang telah melaksanakan peran, tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru, dimana mereka telah melaksanakan beberapa peran yang seharusnya dilaksanakan oleh seorang guru seperti mengelolah kelas dengan baik, membimbing, mendidik, memotivasi serta mengevaluasi peserta didiknya, tinggal bagaimana pengaplikasian peserta didik dari apa yang telah diterima/disampaikan oleh gurunya untuk mengembangkan kecerdasan spritualnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kecerdasan Spritual Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:43
Last Modified: 15 Aug 2024 00:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item