Munawarah, Munawarah (2024) Tinjauan Pendidikan Islam Terhadap Penggunaan Lontara Pananrang Sebagai Sistem Penanggalan Dalam Tradisi Bugis di Desa Ajubissue Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886208055..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Lontara Pananrang sebagai sistem penanggalan di kalangan masyarakat Bugis di Desa Ajubissue, dan tinjauan pendidikan Islam terhadap penggunaan Lontara Pananrang sebagai sistem penanggalan dalam tradisi Bugis di Desa Ajubissue Kabupaten Sidrap. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data penelitian ini diperoleh dari data primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Analisis Interaktif Miles & Huberman. Proses analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Tinjauan Pendidikan Islam terhadap penggunaan Lontara Pananrang sebagai sistem penanggalan dalam tradisi Bugis di Desa Ajubissue Kabupaten Sidrap yaitu: Lontara Pananrang digunakan sebagai pedoman memilih waktu yang tepat untuk melakukan sosial, budaya, tradisi dan keagamaan. Karena kondisi alam tidak selalu menguntungkan manusia, Lontara Pananrang memiliki fungsi bagi masyarakat Desa Ajubissue. Penggunaannya tidak hanya sebagai cara merekam waktu, tetapi juga sebagai simbol identitas budaya dan terkait erat dengan praktik keagamaan dan kepercayaan tradisional masyarakat Bugis. Meskipun tidak lagi digunakan secara aktif, pengakuan terhadap nilai warisan budaya Lontara Pananrang masih ada di kalangan. Tinjauan pendidikan Islam memberikan pemahaman mendalam tentang konsep waktu dalam Islam, termasuk penanggalan berdasarkan kalender Hijriyah seperti Lontara Pananrang, memperkuat relevansi dan penggunaan tradisi lokal dalam konteks keagamaan. Peran penting pendidikan Islam dalam memperkuat dan mempertahankan penggunaan Lontara Pananrang dalam tradisi Bugis disoroti dalam penelitian ini, mengintegrasikan aspek agama, budaya, dan identitas lokal secara harmonis, memperkuat keterhubungan masyarakat Bugis dengan nilai-nilai keagamaan dan budaya mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Pendidikan Islam, Lontara Pananrang, Tradisi Bugis
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 14 Aug 2024 06:09
Last Modified: 14 Aug 2024 06:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item View Item