Armelia, Armelia (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI di UPT SDN 166 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886208068 ARMELIA 2024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI siswa di UPT SDN 166 Pinrang. Fokus penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di UPT SDN 166 Pinrang serta faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di UPT SDN 166 Pinrang Penelitian yang di gunakan adalah dekriptif kualitatif, data penelitian ini diperoleh dari data primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) proses implementasi kurikulum merdeka membantu meningkatkan kompetensi peserta didik termasuk pada pembelajaran pendidikan agama islam, karena kurikulum merdeka ini memberikan sebuah kebebasan dan pemahanam terhadap guru dalam menentukan materi serta metode pembelajaran yang relevan berdasarkan kebutuhan peserta didik, sebelum proses belajar mengajar guru terlebih dahulu menyiapkan rencana pembelajaran seperti modul, ATP, analisis CP, dan asesmen. 2) Faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam bahwa UPT SDN 166 Pinrang sudah memiliki sarana dan prasarana yang mencukupi untuk proses implementasi kurikulum merdeka meskipun banyak juga yang harusnya dapat dimaksimalkan lagi, selain itu fasilitas yang memadai dalam IKM seperti pelatihan atau pendampingan secara intensif dengan pelatih dari kemendikbud. 3) Faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam yaitu pada awal penerapan kurikulum merdeka yang mana guru mengalami kesulitan membuat modul ajar dikarenakan masih kurangnya pemahaman tentang IKM atau kurikulum merdeka pada proses pembelajaran pun tidak semua peserta didik mudah memahami pembelajaran dengan metode yang digunakan oleh guru karena pemahaman dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:01 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:01 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6750 |
Actions (login required)
View Item |