Dsakiyah, Ummi (2018) Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Peningkatan Kesadaran Beragama Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi kepribadian guru. Kepribadian guru adalah kemampuan kepribadian guru yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan yang baik bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Kepribadian seorang guru Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kesadaran beragama peserta didik. Kesadaran beragama sendiri merupakan rasa keagamaan, pengalaman ketuhanan, keimanan, sikap dan tingkah laku keagamaan yang terorganisasi dalam sikap mental dari kesadaran beragama pun mencakup aspek-aspek kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap tingkat kesadaran beragama peserta didik. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 83 peserta didik dari 104 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak. Teknik pengumpulaan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawaancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik infrensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam yaitu 75.09%, maka dapat dikatakan baik. Kepribadian yang dimaksudkan dalam hal ini adalah kepribadian yang (mantap, stabil, disiplin, arif, wibawa, simpatik, menarik, luwes, bijaksana, serta kepribadian yang jujur), (2) Kesadaran beragama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang yaitu 75.96%, hal ini menunjukkan kesadaran beragama peserta didik sudah dikatakan baik dari beberapa perilaku keagamaan dalam meningkat kan kesadaran beragama peserta didik yaitu pengalaman ketuhanan, keimanan, sikap, dan tingkah laku peserta didik SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. (3) Terdapat pengaruh kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan kesadaran beragama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. Berdasarkan uji signifikan menunjukkan thitung (22.510) >ttabel (1.989), maka H0 ditolak dan diterimanya H1. Pada uji regresi linear sederhana sebesar (Y) 1.809 + (X) 0.929, dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0.862 x 100% = 86.2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Sep 2019 22:53
Last Modified: 01 Sep 2019 22:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item