A.Nuranisya, A.Nuranisya (2024) Efektifitas Penerapan Teknik Pomodoro Pada Mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886208070 Skripsi A.Nuranisya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik pembelajaran pomodoro pada mata pelajaran PAI (2) untuk mengetahui apakah teknik pembelajaran pomodoro efektif pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental design dalam bentuk One-Group Pretest-posttest design. Adapun instrumen penelitian yang diuntukkan yaitu instrumen tes dan dokumentasi, menuntukkan analisis data dan uji validitas data. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan bahwa pelaksanaan teknik pembelajaran pomodoro pada mata pelajaran PAI dari pertemuan kedua hingga ketiga mencapai skor 3,8 menandakan bahwa keterlaksanan pembelajaran berada dalam kategori tinggi. Hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan sebesar 79,18. Dimana sebelumnya pada pelaksanaan pretest hanya mencapai nilai rata-rata sebesar 46,25 dan pada uji paired sample t-test diperoleh hasil sig. 0,000 dengan demikian nilai sig kurang dari 0,05 yang menandakan penolakan hipotesis (Ho) dan penerimaan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga mengalami perubahan yang signifikan, selain itu uji ukuran effect size yang dilakukan diperoleh sebesar 3,893 mengindikasikan tingkat efectivitas yang tinggi, ini berarti penelitian menunjukkan bahwa penguntukan teknik pembelajaran pomodoro ini efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembelajaran Pomodoro, Hasil Belajar PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 14 Aug 2024 05:57
Last Modified: 14 Aug 2024 05:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item View Item