GAFFAR, ABD (2024) Strategi Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Kitab Kuning Pondok Pesantren Itihadul Usrati wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang akurat mengenai strategi peningkatan pemahaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran kitab kuning santri pada pondok pesantren Ittihadul Usrati wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reaserch) menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara langsung dengan pengasuh. Data yang diperoleh kemudian dikumpul lalu diolah dan dianalisis secara deskriptif. Informan yang diwawancarai adalah wakil pimpinan dan pembina pondok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas pemahaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran kitab kuning santri pada pondok pesantren Ittihadul Usrati wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang adalah baik dan mengalami peningkatan yang sebelumnya kebanyakan diantara mereka nakal, malas, dan sering melanggar aturan setelah mereka mempelajari kitab kuning sudah ada perubahan baik dari segi pengetahuan, pemahaman, etika, dan perilaku. Tolak ukurnya terhadap nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat dilihat dari segi prestasi dan ibadahnya. Setiap ada pertandingan Musabaqah Qira’atil Kutub yang diadakan oleh Departemen Agama dan Hari Amal Bakti, di kab. Pinrang santri selalu mendapatkan juara umum. 2) problematika yang dihadapi pembina pondok dalam meningkatkan kualitas pemahaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran kitab kuning pondok pesantren Ittihadul Usrati wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang adalah tidak semua santri mampu membaca Al-Qur’an dan kitab kuning, langkah awal yang dilakukan oleh pembina kitab kuning adalah mengajarkan terlebih dahulu Al-Qur’an serta teks bahasa Arab baik dari segi pelafalan, bunyi huruf hijaiyah, harakat, dan hukum bacaan. Selain itu, juga kurangnya tenaga pengajar mengenai kitab kuning. 3) Strategi yang dilakukan oleh pembina pondok dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran kitab kuning pada pondok pesantren Ittihadul Usrati wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang adalah pertama, pembina memberikan pengajaran mengenai kitab kuning lalu menerjemahkannya setelah itu, menjelaskan maksud dan tujuan. Untuk mengetahui kualitas pemahaman santri pembina memberikan kesempatan kepada santri untuk menanggapi pelajaran. Kedua, santri diharuskan mengulang pelajarannya di asrama supaya mereka tidak lupa yang sudah diajarkan. Ketiga, para santri mudzakarah mengenai kitab selanjutnya yang akan dipelajari supaya sebelum mulai pengajian santri ini sudah ada gambaran tentang isi pengajian yang akan dikaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembina Pondok, Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:23
Last Modified: 13 Aug 2024 08:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item