Tunrung, Abd. Ajis (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Keberhasilan Belajar Peserta Didik Kelas X IPA 3 pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan belajar fiqih peserta didik Kelas X IPA 3 sebelum diterapkan model pembelajaran kontekstual, untuk mengetahui keberhasilan belajar fiqih peserta didik Kelas X IPA 3 setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual di MAN 2 Barru serta untuk mengetahui model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan keberhasilan belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Barru. Metode peneltian yang digunakan ialah metode penelitian pre eksperimen one group posttest dengan instrument penelitian test, treatment serta jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 17 orang dari kelas X IPA 3. Analisis data menggunakan data deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat keberhasilan belajar fiqih peserta didik Kelas X IPA 3 sebelum diterapkan model pembelajaran kontekstual di MAN 2 Barru menunjukkan nilai mean sebesar 54,56 sehingga dikategorikan tingkat keberhasilan Cukup. Tingkat diterapkan model pembelajaran kontekstual di MAN 2 Barru menunjukkan nilai mean sebesar 80.29 sehingga dikategorikan Sangat Baik. Efektifitas model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan keberhasilan belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Barru menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest dan post-test serta kategori N-Gain Skor yang berada pada kategori Cukup Efektif serta nilai T Test 0,000 < 0,005 sehingga model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Barru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Keberhasilan Belajar, Pelajaran Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:07
Last Modified: 13 Aug 2024 08:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6742

Actions (login required)

View Item View Item