Anggreni, Ririn (2022) Implementasi Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Implementasi metode fun learning merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga menarik minat peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengikuti pembelajaran. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik seperti visual activities, motor activities, mental activities, writing activities, listening activities, dan oral activities. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 3 Parepare berada pada ktiteria kurang aktif dengan persentase 24,35% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil observasi dari 13 peserta didik. (2) Implementasi metode fun learning pada pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 3 Parepare berdasarkan siklus I berada pada kriteria cukup aktif dengan persentase 47,43% sedangkan pada siklus II berada pada kriteria sangat aktif dengan persentase 89,74% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil observasi dari 13 peserta didik. (3) Metode fun learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 3 Parepare yang dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari pra-siklus 24,35%, siklus I 47,43%, dan siklus II 89,74%. Oleh karena itu, pembelajaran dengan metode fun learning untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 3 Parepare berada pada kriteria sangat aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Fun Learning, Aktivitas Belajar Peserta Didik. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 08:06 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 08:06 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6741 |
Actions (login required)
View Item |