Gaffar, Zahrah Thohirah (2022) Fungsi Pola Asuh Guru dalam Membentuk Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Putri Pondok Pesantren DDI Mangkoso. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kemandirian belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Putri DDI Mangkoso belum terbentuk secara maksimal. Hal ini ditandai dengan peserta didik yang menghadapi berbagai kendala dalam hal belajar, diantaranya kebiasaan belajar yang kurang baik seperti belajar hanya semalam menjelang ujian hingga muncul rasa jenuh dikarenakan kegiatan rutinitas yang berulang-ulang dan semangat belajar yang akhirnya menurun. Pola asuh guru yang tepat sasaran dapat mengarahkan peserta didik mencapai tujuan dari pembelajaran, karena guru merupakan salah satu sumber belajar dan mampu menghantarkan peserta didik pada kemandirian dalam belajarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh guru, kemandirian belajar peserta didik dan fungsi pola asuh guru dalam membentuk kemandirian belajar peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Putri DDI Mangkoso. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu berupa kata-kata dengan menggunakan pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dari penelitian ini yaitu 4 guru mata pelajaran agama dan 5 orang peserta didik dari kelas XI di Madrasah Aliyah Putri DDI Mangkoso. Hasil penelitian berdasarkan data yang telah ditemukan dan dibahas, bahwasannya pola asuh yang diterapkan dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Putri DDI Mangkoso yaitu pola asuh demokratis. Peneliti juga menemukan bahwa peserta didik sudah terarah dan terbiasa untuk belajar secara mandiri dalam pembelajaran. Sebagaimana fungsi pola asuh dalam membentuk kemandirian belajar peserta didik diantaranya, mengenalkan, mengarahkan serta memotivasi peserta didik dalam kemandirian belajar di Madrasah Aliyah Putri DDI Mangkoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kemandirian Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:04
Last Modified: 13 Aug 2024 08:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6737

Actions (login required)

View Item View Item