A.LUBIS, A.LUBIS (2021) Peran Guru Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik MTs Al-Mustaqim Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
14.1100.075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Peran guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sangat diperlukan dalam proses pendidikan untuk meningkatkan mutu yang berkualitas pada peserta didik. Sehingga guru berperan penting dalam menciptakan minat pada metode pembelajaran yang akan digunakan oleh guru yang bersangkutan agar peserta didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran Qur’an hadits. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini meliputi, 1. Bagaimana minat belajar peserta didik di MTs Al-Mustaqim Parepare. 2.Apakah metode pembelajaran Qur’an Hadits di MTs Al-Mustaqim Parepare. 3.Bagaimana peran Guru dalam meningkatkan minat belajar Peserta didik MTs Al-Mustaqim Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari peran guru qur’an hadits dalam meningkatkan minat belajar peserta didik MTs al-mustaqim kota parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam mengumpulkan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, model data (data display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa peran guru qur’an hadits dalam meningkatkan minat belajar peserta didik MTs al-mustaqim kota parepare. Minat belajar peserta didik di MTs Al-Mustaqim Parepare minat pada peserta didik perlu untuk meningkatkan proses stimulus untuk dapat melakukan ketertarikan pembelajaran pada peserta didik, karena melihat dari kondisi peserta didik dalam satu (1) kelas ada yang senang belajar dan ada juga kurang senang, apalagi saat ini,adanaya pandemi covid 19 membuat peserta didik semakin kurang pemahaman Qur,an dan Hadits untuk jenjang pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peran guru, metode pembelajaran, minat pesrta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:33
Last Modified: 13 Aug 2024 06:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6732

Actions (login required)

View Item View Item