Masna., Masna. (2020) “Pengaruh Kreatifitas Pembelajaran Guru Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN Parepar”. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.1100.153.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini memebahas mengenai kreatifitas pembelajaran guru fiqih terhadap motivasi belajar peserta didik yaitu kreatifitas guru adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru maupun mengembangkan hal-hal yang sudah ada untuk memberikan sejumlah pengetahuan kepada peserta didik di sekolah. motivasi adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal yang dapat mendatangkan perubahan tingkah laku orang tersebut. Selain itu motivasi juga dapat membantu meningkatkan prestasi yang ada dalam diri seseorang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kreatifitas pembelajaran Fiqih pada kelas VIII di MTsN Parepare?. 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN Parepare?. 3) Bagaimana pengaruh kreatifitas guru terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN Parepare?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kreatifitas guru dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN Parepare. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTSN Parepare. 3) Untuk Mengetahui pengaruh antara kreatifitas guru dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN Parepare Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan desain penelitiannya yaitu asosiatif untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara kreatifitas pembelajaran guru fiqih terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Versi 25. Dan rumus t- test satu sampel 1) Kreatifitas pembelajaran guru fiqih berada pada kategori sangat tinggi yaitu 86% dengan menggunakan rumus t-test satu sampel. 2) Motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTSN Parepare, hasil uji hipotesis dengan menggunakan program IBM SPSS Versi 25. diketahui nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang mengandung arti bahwa terdapat pengaruh antara kreatifitas pembelajaran guru fiqih terhadap mitivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Pembelajaran Guru Fiqih, Motivasi Belajar Peserta Didik, dan peserta didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:36
Last Modified: 13 Aug 2024 03:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item