Ramadhani, Andi Mutiara (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Video Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.84206.020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang lebih terfokus pada proses belajar, dimana guru harus lebih memprioritaskan untuk membantu peserta didik dalam mencapai keterampilan mengendalikan diri. Model pembelajaran ini guru lebih memiliki peran penting dalam menyajikan masalah agar timbulnya beberapa pertanyaan dan terjadi interaksi dialog antara peserta didik dan guru serta guru berperan sebagai fasilitator untuk membantu pemecahan masalah siswa sehingga mampu mengembangkan keterampilannya dalam berpikir kritis, serta mampu meningkatkan pengetahuan mendasar dari materi pembelajaran dengan berbantu video. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis video dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dan VIII.4 sebagai kelas eksperimen di SMP Negeri 4 Parepare. Teknik pengumpulan data yang diambil berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test, hasil dari uji tes terbesut akan diuji deskriptif serta diuji homogen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan pada hasil data observasi indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik ditemukan bahwa hasil dari keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pemenuhan indikator melebihi dari setengah populasi didalam kelas yakni dengan kategori sangat baik dan baik berjumlah 20 orang lalu kategori cukup dan kurang sebanyak 7 orang. dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 4 Parepare baik. (2) Hasil uji tabel menunjukkan bahwa nilai Uji-t post-test kelas kontrol dan eksperimen memperoleh nilai sig (2-tailed) pada Equal variances assumed sebesar 0,000 < α 0,05 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasisi video memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL) berbasis video, Berpikir Kritis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6719 |
Actions (login required)
View Item |