Ridha, Muh. Yazied (2024) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA Kelas VIII SMP DDI Mangkoso. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.84206.016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran IPA dan melihat apakah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman belajar IPA peserta didik di SMP DDI Mangkoso. Dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) diharapkan pemahaman konsep peserta didik khusunya pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dapat meningkat. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus 1 diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Pada siklus 2 dilanjutkan dengan revisi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi II, dan refleksi siklus II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPA pokok bahasan struktur dan fungsi tubuhan di SMP DDI Mangkoso dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik. pada siklus I dengan materi struktur dan fungsi tumbuhan hasil yang diperoleh peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini karena peserta didik belum memahami model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). oleh karena itu dilaksanakan tindakan selanjutnya yaitu siklus II. Pada siklus II dengan sub judul fakta mengenai teknologi yang terinspirasi oleh struktur pada akar tumbuhan, hasil yang diperoleh peserta didik sudah mencapai ketuntasan belajar. Hal ini karena peserta didik telah memahami model Two Stay Two Stray.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, TSTS, IPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6718 |
Actions (login required)
View Item |