Suhartina, Suhartina (2024) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.84206.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Enrekang. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan pengalaman belajar secara aktif dan meminta siswa agar mampu mengorganisasi permasalahan yang didapatkan secara mandiri. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Eksperiment dengan menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Gesign. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 peserta didik dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis deskriktif pada kelas eksperimen yang diperoleh nilai rata-rata pre-test 35,00 dan post-test 78,75 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. (2) Berdasarkan hasil analisis deskriktif pada kelas kontrol yang diperoleh nilai rata-rata pre-test 30,19 dan post-test 73,33 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis Independent Samples Test diperoleh nilai signifikasi (sig (2-tailed) adalah 0,019. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sig (2-tailed) yaitu 0.019 < 0.05 berarti ditolak dan diterima dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik sebagaimana pada kelas eksperimen diperoleh nilai mean adalah 78,75. Kemudian nilai mean yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 73,33 dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII MTs Negeri 1 Enrekang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil belajar, Ilmu pengetahuan Alam (IPA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:55
Last Modified: 13 Aug 2024 02:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6717

Actions (login required)

View Item View Item